Kajian NDP HMI Bab I

EPISTEMOLOGI ISLAM: Usaha Menemukan Kebenaran

 

Pada hari Kamis kemarin tanggal 15 Maret 2007 di adakan Kajian NDP HMI. Seperti yang sudah-sudah nampaknya kajian ini adalah salah satu dari beberapa kajian yang wajib diadakan. Bertempat di Graha Gudang Becak, kajian NDP itu dimulai pukul 16.00 sebagai pemateri -atau lebih tepatnya sebagai kawan diskusi- Yasser Arafat, Kabid. PPA HMI Kom. Hukum, dengan mengangkat tema “Epistemologi Islam: Usaha Menemukan Kebenaran.”

Kebetulan NDP yang dikaji itu NDP yang terbaru. Sehingga ada beberapa mantan pengurus yang tertarik untukberpartisipasi juga.

Pada NDP Bab I dibahas mengenai landasan berpikir. Bahwa masing-masing dari kita memiliki pengetahuan, keyakinan. Pengetahuan dan keyakinan antara orang yang satu dengan yang lainnya saling berbeda. Dengan adanya perbedaan itu, seolah-olah bahwa kebenaran itu sesuatu yang bersifat relatif. Padahal Kebenaran adalah sesuatu yang mutlak. Dalam logika tidak mungkin ada dua kebenaran.

Lalu manakah diantara banyak pengetahuan dan keyakinan itu yang berada pada kebenaran? Maka dari itu, pada NDP Bab I inilah akan dibahas masalah landasan berpikir atau peta pengetahuan yang biasa dikenal dengan istilah Epistemologi Islam.

Di dalam dunia Barat, sumber pengetahuan yang mereka miliki dan yakini hanyalah dua sumber pengetahuan saja.

1.Empirisme
Sumber dari pengetahuan ini adalah Alam. Sarana yang digunakan adalah Eksperimen. Mazhab pengetahuan ini hanya mendasarkan kebenaran pada apa yang dapat ditangkap oleh indera manusia. Apa yang dilihat, didengar, dirasa, dll. Misalnya, Apakah memang benar Tuhan itu ada? Kalau Tuhan itu ada, lalu mana Tuhan? Mengapa Tuhan tidak dapat kita lihat, tidak dapat kita dengar suaranya? Dari mazhab pengetahuan inilah muncul berbagai macam ajaran-ajaran materialistik. Mazhab ini tidak dapat mengantarkan kita pada kebenaran yang 100%. Misalnya saja Teori Gravitasi yang ditemukan berdasarkan Eksperimen. Belakangan teori Gravitasi tersebut telah ada yang membantahnya.

2.Rasionalitas
Sumber dari pengetahuan ini adalah akal. Alat atau sarana yang digunakan adalah berpikir. Mazhab pengetahuan ini mempunyai dua kaidah utama, yaitu Kausalitas (sebab-akibat) dan Non-Kontradiksi.
Sebab Akibat
Bahwa apa yang terjadi di dunia ini pasti memiliki sebab-sebab yang mempengaruhinya. Seseorang bisa tidur sekalipun, dibelakangnya terdapat beribu-ribu faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Non-Kontradiksi
Sebuah kebenaran, tidak mungkin di dalamnya mengandung kontradiksi. Misalnya ada informasi bahwa si A itu berada di jakarta, tetapi pada saat yang sama si A berada di Bandung. Informasi ini mengandung kontradiksi sehingga wajib kita tolak keabsahannya.
Jadi, kebenaran itu PASTI tidak akan bertentangan dengan akal. Maksudnya adalah kebenaran tidak akan bertentangan dengan kedua kaidah akal tersebut.
Mazhab pengetahuan ini mampu membawa kita pada kebenaran yang 100%
3.Pengetahuan Hati
Sumber dari pengetahuan ini adalah hati. Alat atau sarana yang digunakan adalah Tazkiyatun Nafs. Pengetahuan hati ini akan erat kaitanya dengan bab selanjutnya di dalam NDP yaitu Manusia dan Nilai-Nilai Kemanusiaan. Bahwa fitrah manusia adalah memiliki sisi baik dan sisi buruk. Tetapi manusia juga memiliki kecenderungan untuk menyempurnakan dirinya. Dalam menyempurnakan dirinya inilah Epistemologi Islam memiliki perang yang sangat penting, terkhusus pengetahuan hati dan nanti pengetahuan yang keempat yaitu pengetahuan skriptualisme.
4.Skriptualisme
Pengetahuan ini bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadits. Alat atau sarana yang digunakan adalah Pengkajian dan Penafsiran. Bahwa di dalam al-Qur’an terkandung berbagai macam pengetahuan yang dapat menuntun kita pada kebenaran 100% dan kesempurnaan. Tentunya kesempurnaan yang dimaksud adalah kesempurnaan dalam kadar manusia. [REDAKSI HMI BECAK ]

About these ads

Tentang hmibecak

Kami adalah sebuah organisasi kemahasiswaan eksternal kampus Fakultas Hukum yang bergerak di lingkup kampus UNS Surakarta. Kami selaku OKP yang bergerak di dalam kampus selalu berusaha untuk mengusung berbagai isu kampus FH UNS pada khususnya dan UNS itu sendiri pada umumnya. kami juga selalu berusaha untuk bekerjasama dengan element eksternal lainnya dengan tujuan selain untuk mendukung usaha kami juga untuk membina tali silaturahmi kami dengan rekan seperjuangan dan sejalan dengan tujuan kami. personel kami terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum UNS dari segala angkatan, baik yang sekarang duduk di kursi kepengurusan atau berstatuskan anggota.dan rencana kami dalam waktu dekat ini akan berusaha untuk meningkatkan kader HMI kami, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Amienn.. YAKIN USAHA SAMPAI

Posted on Maret 16, 2007, in Reportase. Bookmark the permalink. 46 Komentar.

  1. sayang aku nggak lihat perdebatannya diantara kalian. ku rekomendasikan kalian membaca bukunya mohammad arqoun (nalar islami nalar modern) atau bukunya abu abed al jabiri (formasi nalar arab).
    coba deh dipelajari mengenai semiotika, hermeneutika, fenomenologi, logosentrisme dan dekonstruksi.

  2. yang ikut berpartisipasi hanya beberapa orang saja mas. itu juga kebanyakan mantan pengurus lama yang aktif.

  3. Oh ya ketinggalan satu lagi.
    Mas Nh punya buku yang membahas emiotika, hermeneutika, fenomenologi, logosentrisme dan dekonstruksi tidak? kirimin donk ke sini. hehehehe….pingin bgt baca nih.

    syukur2 bisa bukunya Mohammad Arqoun dan Abu Abed Al-jabiri juga. hehehe…

  4. jangan ktinggalan buku farabi dan ibnu sina. penting itu. sekali2 kawan mnjelajah Hasan Hanafi. biar tidak dibilang nggak pos kolonial gitu deh. salam mas nh. kangen imarahin lagi nih

  5. wah kurang tuh mazhabnya…………….en mazhab apa yang dianut HMI?.plezzz kalo ada yang mao ngejawab kirim ke joedino345@yahoo.com…..dari ferdy .stie TRISAKTI.en gimana cara cari kader yang baik?coz gw mao bikin komisariat nihhhhhhhh

  6. emang mazhabnya apa lagi?

    HMI nganut mazhab apa? bukankah kesemua mazhab tersebut benar?

    Mahasiswa gaul ada sekitar 90% di kampus. jadikan mereka sebagai kader untuk melakukan perjuangan. insya Allah berhasil.

  7. cuma mau numpang nampak aja dulu.

  8. yang metafisika islam mana mas???????????????? kok gak ada? eia kalo Q pengen diskusi khusus NDP dimana ya? cz Q blm trlalu paham juga neh

  9. Metafisika Islam itu menerima semua mazhab pengetahuan tersebut. (Sepanjang yang saya ketahui).

    Anda tinggal dimana? kalau diskusi khusus NDP di Solo itu di HMI Komisariat Hukum UNS.

    sama saya juga belum terlalu paham.

  10. Saya pernah mengkaji dalam NGP dengan cara demikian. dalam penyampaian NPD ! di LK 1 HMI kom.tarbiyah IAIN Mataram biasanya bang Faqih langitanmengadopsi cara yang demikian, demikian juga saja pernah mencoba meniru metode ini dalam beberapa kesempatan di LK 1 dulu dan ternyata baru sekarang saya tau dari mana metode ini berasal.
    saya pernah menanyakannya kepada Bang faqih langitan, cuma beliau menjawab bahwa dia cuma mengadopsi cara dari teman-teman di makasar, tapi ternta ini memang cara epistemologi islam yang telah dirumuskan. terimakasih.. saya jadi tau.

  11. kalau boleh saya usul, Anda buat tulisan mengenai itu. insya Allah dimuat di weblog ini. Metode seperti apa yang Anda maksud? darimana metode ini berasal? dll.

  12. assalamualaikum warah matullahi wabarakatu””
    gini loh””saudara2Q, dr hasil info2 yg ada, itu pd permasalahan pencitraan HmI itu, merosot terhadap nilai2 yg terkandung di dalamnYa, mksd sy’pncitraan oRg lain menganggap kader HmI itu ,banyak yG nga sholat, maen judi lah,, segala macam deh,.
    j d mnurut sy, disisni perlu pengkaderan dan pengawalan tentang pemaHAMAN KE hMi AN,., SPY nnti kader diluar itu mmpu membangun citra HmI sebagai organisasi independenT””
    dan bgaimana sumbangsih hari ini para Kader HmI kpada kehidupan sosial”????

    YAKIN USAHA SAMPAI”

  13. assalam..
    salam kenal..mau ikut nimbrung, mungkin dlu aq jg sering bingung ttg spt apa ndp, tp jk kita brgkat pd pemhaman bhw ndp adalah pemahaman/penafsirab hmi ttg ajaran-ajaran islam akan bs mmbnatu kita dlm mengarungi samudra nilai yg terkandung dsna..
    mafm lain kaliqsmbung dg materi dech,,
    laskar hijau hitam sby sunan ampel

  14. Salam kenal kwan kwan se indonesia sy kabid ptkp cabang cianjur yg baru

  15. Salam kenal kwan kwan se indonesia dr kabid ptkp cabang cianjur yg baru

  16. salam kenal juga mas waldi. gimana kabarnya?

  17. mampir kawan ke situs komisariat kami…!!

  18. data ndp nya kok gk lengkap ???

    ada video tentang hmi gk ??

    bukan yg profil pendiri hmi yah…

  19. ndp yang fersi konggres palembang ada tak, jazuli ketum hmi cabang batam

  20. Gak ada deh perasaan. masih tetap sama dengan makassar.

  21. sapa yang bawakan kajiannya

  22. saya mas. mang knapa?

  23. hai z dr komisariat tarbiyah cabang gowa raya makassar,,,,, tidak ada apa-apa cman mo krim doa untk sukses slalu…… salam revolusi… yakin usaha sampai

  24. Enaknya tambah teori kawan… “Identitas”.

  25. Betul. Teori identitas, non-kontradiksi, menolak jalan tengah. satu kesatuan prinsip.

  26. Slm knl kpd smua . sy wasekum ppd demisiöner 08, cab.ternate, bg sy sumber smangat dan malapetaka kader HMI adA pada NDP itu sndri, jika peserta yg d kader tdk d kwl dngn benar maka seperti yg d mksd alisyariati dlm 4 pandangan duniax jelas. jika kader salah dalam menerjemahkn nilai2 yg trkndung dlm NDP maka jangan heran jika dia akn mnjadi bejat. tk itu p,lu d pahami bhw 7an dr kt mempelajari NDP adalah agar kt dapat 々BIJAKSANA々
    sedrhana
    tp bermakna

  27. BANG SAYA MASIH BINGUNG DENGAN KONSTITUSI HMI
    APA SIH ARTI KABID PTKP DAN PERANNYA APA?
    DAN KABID-KABID YANG LAIN

  28. APA SEBABX NDP LAMA D GANTI DGN NDP BARU……?
    APA ITU ESENSI N SUBSTANSI DAN COMTOKX????
    BAGAIMANA CARA MENGETAHUI REALITAS TUHAN?/
    SORRY SENIOR KLAU BANYAK TANYA,KRN AQ BLUM TAU APA NDP ITU? KRN AQ BRU ANGGOTA BIASA D HMI………
    BAHAGIA HMI……..YAKIN USAHA SAMPAI…….

  29. NDP yg d waris kan cak nur mmang mnuntut qt pr kader unt mncri KEBENARAN.dgn kbnrn ini dhrp kan mnmbh fungsi keimanan qta bkn mlah mmbwat mlah bejat nauzhubiille kga’ sholat !!! cb kaji lbh dlam naskah asli materi NDP yg slah stux msih d pgang agussalim sittompul d jogya

  30. Y A K U S A !!!!

  31. @buat mas AS
    Kabid PTKP itu Ketua bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda. Buka hasil2 kongres aja mas,, udah ada lengkap disana, dari kepanjangannya saja udah terbayang PTKP itu jobdesnya seperti apa..

    @buat mas FT
    kalo menurut saya mas, pembaharuan itu harus senantiasa dilakukan, jangan sampai kita pada posisi stag (tak bergerak). karena manusia adalah manusia yang tak sempurna, dan senantiasa menuju kesempurnaan adalah keniscayaan. jadi terus bergerak dan berubah.
    begitu pula dengan NPD, kalo kajian hipersemiotika mengatakan teks itu selalu terkait dengan konteks. jadi teks NDP lama sesuai dengan konteks pada saat itu. dan bagaimana konteks saat ini diturunkan menjadi teks.

    begitulah mas menurut saya,, silahkan kalo mau diskusi lebih lanjut, namun minta tolong untuk dicantumkan identitasnya ya mas..

  32. @Bernish
    NDP Cak Nur bukanlah NDP final sepanjang masa. Dia hanya hasil pemikiran seorang manusia yang kadang masih ada kekurangan. Tak ada salahnya jika kita kemudian melakukan rekonstruksi NDP…

  33. Semua yg kita bahas/pikirkan tentang Tuhan dg berbagai metode, pada hakekatx telah mengkerdirkan Tuhan. Karena seakan2 Tuhan dpt kita jangkau dg akal, empirisme, skriptualisme dll.

  34. NDP HmI tidak bersfat stagnan,karena akan terus menerus berkembang.olkarit jadilah kader yang penuh semangat.yakusa………

  35. Salam…….

    Saya Atta Dari HMI Cabang Medan…..

    Ingin Bergabung Dalam Blog INi….

    Wasalam

  36. silahkan mas.. blog ini untuk semua, yang masih peduli dengan sekitar..
    jika ada saran dan kritik kita terima dengan senang hati..

  37. Byk buku yg berbicr ttg pemikiran2 keislaman baik yang tradisional maupun yng modern. mnrt penglmn sy, brngkt dr subjektivitas pemhmn sy, mmg bnyk pandngan ajaran islam itu sprt ini dan itu. Tp mnrt hemat sy dr bbrp buku yg prnh sy bc,klu kt hny mmbc buku mnrt pndgn ini sprt ini dan itu, sy pikir itu tdk da apa2x. Sy menganjurkn sintesakn smua pemikiran itu mnjd sebuah kkesimpulan yg komprehensim. Kemudian padukan dgn sumber2 ajran Islam yg ada. Jd nalar Dalili, Burhani dan Irfanix tu hrs bekerja semua. tdk sepengal2. bc bukunx Mula Sadra, filosof dr Negara Iran

  38. waduk hungkul tah sia !

  39. salam kenal ya abang semua..
    ni dari komisariat syari’ah IAIN wali songo SEMARANG.
    mw tanya nich..
    untuk masalah ketuhanan adakah metode atau penjelasan yang lebih bisa diterima oleh akall

  40. KAJIAN NDP MEMANG PERLU DIKAJI ULANG KAWAN KARENA POKOK PERMASALAHAN ITU SUDAH ADA. POKOK AJARAN YANG HARUS DIKAJI BETUL – BETUL ADALAH AL-QUR’AN DAN HADITS. KEDUANYA TIDAK AKAN LEKANG DAN BASI OLEH WAKTU DAN HARUSNYA MENJADI RUJUKAN YANG PALING UTAMA KAWAN. KEBENARAN HARUSLAH DILANDASI AKAL, HATI DAN KEBENARAN MUTLAQ DARI AL-QU’AN YANG ISINYA TIADA KERAGUAN BAGINYA

  41. KEBENARAN SIFATNYA MUTLAK YAITU BISA BERSIFAT RASIONAL MAUPUN DOKTRIN/KEYAKINAN YANG BERSUMBER PADA KITAB YANG JELAS ALLAH. TUHAN YANG ESAATAU SATU, TIADA SEKUTU BAGINYA. BUKAN TUHAN AKALNYA MANUSIA, BUKAN TUHAN HATI HATINYA, DAN BUKAN PULA TUHAN KHAYALAN MANUSIA

  42. Mantap semangatnya Yakusa kawan, Gabung dong di Grup Study Komperatif NDP Lama vs NDP Baru…

  43. menurut pemahaman saya kebenaran itu cuma ada dua yaitu kebenaran mutlak dan kebenaran relatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: