Selamat Datang Mahasiswa Baru…!!!

Selamat Datang Mahasiswa Baru…!!!

Penerimaan mahasiswa baru telah dimulai. Prosedur administrasi kuliah pun mulai di jalankan oleh pihak kampus yang membuat para mahasiswa baru sibuk dan capek mengantri guna melakukan registrasi.

Setelah prosedur administrasi telah mereka lalui, mereka harus menginjak pada tahap selanjutnya yaitu OSPEK. Pada tahap ini, mereka akan diperkenalkan dengan suasana kampus oleh kakak tingkat mereka. Tak jarang, pada moment OSPEK ini, sering kali dikotori oleh tindakan senioritas oleh para kakak tingkat mereka. Sikap-sikap senioritas seperti inilah yang sebisa mungkin dihilangkan.

Menjadi mahasiswa baru adalah hal yang menyenangkan dan menuntut keseriusan kita dibandingkan dengan ketika masih berstatus siswa. Dari sisi kegiatan perkulihaan akan semakin berat beban materi kuliah dan penugasan yang akan kita terima, jauh berbeda dibandingkan ketika masih berstatus siswa di SLTA. Dan hal ini tentu akan menyita banyak waktu, perhatian dan tenaga kita. Selain itu lingkungan tempat tinggal pun berbeda dengan ketika kita masih numpang dengan orang tua, ini bagi yang berasal dari luar daerah. Kondisi ini menuntut kita untuk lebih bersikap mandiri terutama berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan hidup kita sehari-hari seperti kebutuhan makan, minum, tempat kos, pakaian, belajar hingga berinteraksi dengan lingkungan.

Interaksi dengan lingkungan sekitar adalah suatu tuntutan yang mesti mereka lakukan. Hal ini agar terjadi adaptasi sosial yang positif dan tidak terjadi kesenjangan interaksi antara mahasiswa dengan lingkungan kampus. Mahasiswa baru hendaknya mengenal keberadaan organisasi intra dan ekstra kampus yang seperti organisasi yang bergerak di bidang sosial, kemahasiswaan, olahraga, forum kajian dan juga organisasi Islam. Tentu tidak sebatas mengenal saja, melainkan juga hendaknya mahasiswa baru terlibat aktif dalam organisasi tersebut sepanjang kegiatan yang dilaksanakan mempunyai kontribusi positif.

Menjadi mahasiswa baru bukan berarti hanya memikirkan perkulihaan saja (study oriented) tanpa mau tahu apa yang terjadi di sekeliling kita dan terlibat dalam kegiatan di luar kuliah. Memang benar bahwa tujuan kita kuliah adalah menuntut ilmu, namun demikian hendaknya dipahami bahwa mahasiswa juga merupakan bagian dari komponen masyarakat. Sebagai bagian dari masyarakat, maka sudah seharusnya mahasiswa terlibat aktif dan memberikan respon terhadap permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Hal ini merupakan perwujudan dari sikap kepedulian kita terhadap permasalahan bersama yang mau tidak mau menuntut kita untuk bergerak dan terlibat aktif.

Ada seorang bijak mengatakan bahwa ruang pembelajaran yang sesungguhnya bukanlah di ruang kuliah, tetapi di masyarakat. Nampaknya perkataan orang bijak di atas tepat sekali dengan realita yang ada bahwa yang kawan-kawan dapatkan di ruang kuliah hanyalah ilmu-ilmu dasar. Tetapi ilmu yang sesungguhnya berada di tengah-tengah masyarakat. Ilmu itu akan kawan-kawan dapatkan ketika kawan-kawan ada di tengah masyarakat.

Sekali lagi, selamat datang mahasiswa baru. Kalian adalah generasi bangsa yang membanggakan. Potensi kalian luar biasa. Semangat kalian menggebu-gebu. Jangan sampai potensi dan semangat kawan-kawan menjadi redup bahkan padam ketika kawan-kawan hanya memikirkan aktivitas perkuliahan saja. Kami tunggu partisipasi kawan-kawan mahasiswa baru di barisan perjuangan ini.

Jika selama masa perkuliahan, kawan-kawan mengalami kesulitan belajar, mengalami kebingungan dengan sistem pembelajaran di kampus yang membuat membuat mahasiswa bingung, silakan kawan-kawan datang saja ke Base Camp kami. Oh ya, base camp kami bernama Wisma Becak yang terletak di jalan surya No. 27 Panggungrejo-Jebres (belakang kampus).  Masih bingung? call aja:

1. Yasser ’05 : 0856 21 900 87

2. Ahmad ’04: 0852 2985 4450

3. Arif ’05: 0818 0456 8735

About these ads

About hmibecak

Kami adalah sebuah organisasi kemahasiswaan eksternal kampus Fakultas Hukum yang bergerak di lingkup kampus UNS Surakarta. Kami selaku OKP yang bergerak di dalam kampus selalu berusaha untuk mengusung berbagai isu kampus FH UNS pada khususnya dan UNS itu sendiri pada umumnya. kami juga selalu berusaha untuk bekerjasama dengan element eksternal lainnya dengan tujuan selain untuk mendukung usaha kami juga untuk membina tali silaturahmi kami dengan rekan seperjuangan dan sejalan dengan tujuan kami. personel kami terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum UNS dari segala angkatan, baik yang sekarang duduk di kursi kepengurusan atau berstatuskan anggota.dan rencana kami dalam waktu dekat ini akan berusaha untuk meningkatkan kader HMI kami, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Amienn.. YAKIN USAHA SAMPAI

Posted on Agustus 22, 2007, in Artikel. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: