Isu Pemanasan Global

Pro Teman-teman pecinta Lingkungan

Salam lestari

 

Menurut saya, Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan demi merespon isue pemanasan global, salah satunya adalah Isue Jedah tebang hutan sebagai salah satu cara kurangi laju bencana ekologi & dampak perubahan iklim untuk Aceh, sebagaimana saran Bung Chalid Muhammad (SMS, tgl. 01/06/07, pkl.00:30:59). Isue itu menarik untuk kegiatan serimonial dan sebagai partisipasi peringatan hari LH se dunia. Namun hal itu tetap bersifat responsif, sesaat dan jangka pendek. Respon seperti itu tidak serta merta penebangan hutan akan berhenti. Ada banyak faktor yang mempengaruhi penebangan hutan baik liar maupun punya lisensi.

 

Saya kira semua orang tahu bahwa, isue LH adalah isue mendunia. Bagaimana perlindungan dan menumbuh-kembangkan lingkungan sehat dan segar di suatu desa sedikit banyak tetap punya dampak ke belahan dunia lain seperti Jepang, Cina, Eropa dan Amerika. Begitu juga sebaliknya apa saja yang dilakukan oleh masyarakat Jepang, Cina, Eropa dan Amerika yang hobi perang itu tetap berdampak ke kita-kita yang tinggal di desa. Oleh karena itu, saya kira Walhi sudah saatnya melakukan gerakan advokasi kebijakan tentang lingkungan ini sehingga masuk dalam matrik kurikulum pendidikan sejak dari TK sampai ke PT. dari sana diharapkan ada internalisasi nilai-nilai dan budaya bersih, menjaga dan memelihara/melestarikan LH. Tahu sebab akibat dampak lingkungan dan pemanasan global. Adanya kesadaran kritis dan transpormatif, sehingga semua orang saling memotivasi untuk menjaga lingkungan. Contoh kecil aja, kita sedih sekali ketika melihat di jalanan dari mobil mewah nampak anak-anak gedongan buang sampah seenaknya di jalanan yang baru aja dan senantiasa disapu dan dibersihkan. Belum lagi yang lain, yang tak mungkin saya ungkap di sini. Ini jelas sekali budaya kumuh masih jadi budaya sebagian besar masyarakat kita, sejak dari anak-anak sampai pada orang dewasa/orang tuanya. Tak peduli orang gedongan atau pinggiran. Ternyata out put pendidikan tinggi kita juga tidak memberikan kesadaran arti pentingnya LH secara signifikan.   

  

Mirdas Ismail

HCU (Handling Complaint Unit)

/SP2R (Spesialis Penanganan Pengaduan Regional) PPK Aceh

Kantor : Jl. T. Iskandar, No. 46 Lamteh, Ulee Kareng, Banda Aceh

Rumah : Jl. Jambu, No. 9 Vila Buana Gardenia, Ajun, Banda Aceh

   Telp. (0651) 47487 – HP. 08126906022

   E-mail : mirdas_ismail@yahoo.co.id

About hmibecak

Kami adalah sebuah organisasi kemahasiswaan eksternal kampus Fakultas Hukum yang bergerak di lingkup kampus UNS Surakarta. Kami selaku OKP yang bergerak di dalam kampus selalu berusaha untuk mengusung berbagai isu kampus FH UNS pada khususnya dan UNS itu sendiri pada umumnya. kami juga selalu berusaha untuk bekerjasama dengan element eksternal lainnya dengan tujuan selain untuk mendukung usaha kami juga untuk membina tali silaturahmi kami dengan rekan seperjuangan dan sejalan dengan tujuan kami. personel kami terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum UNS dari segala angkatan, baik yang sekarang duduk di kursi kepengurusan atau berstatuskan anggota.dan rencana kami dalam waktu dekat ini akan berusaha untuk meningkatkan kader HMI kami, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Amienn.. YAKIN USAHA SAMPAI

Posted on Juni 10, 2007, in Artikel. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Diwangkoro Kingkin

    Pemanasan global membawa dampak buruk bagi masyarakat kecil. Banyak sekali dampak dari pemanasan global, selain dari debit air laut meningkat, rakyat kecil seperti petani mengeluhkan akan perubahan iklim yang buruk dan berdampak untuk tanaman pertanian. Selain itu, penyakit demam berdarah meningkat hampir disetiap desa.
    Di mana pejabat di atas?
    Apakah kalian sudah merasa NYAMAN dengan POSISI kalian sekarang??

    Dari: Mahasiswa FT UI

  2. Diwangkoro Kingkin

    Pemanasan global membawa dampak buruk bagi masyarakat kecil. Banyak sekali dampak dari pemanasan global, selain dari debit air laut meningkat, rakyat kecil seperti petani mengeluhkan akan perubahan iklim yang buruk dan berdampak untuk tanaman pertanian. Selain itu, penyakit demam berdarah meningkat hampir disetiap desa.
    Di mana pejabat di atas?
    Apakah kalian sudah merasa NYAMAN dengan POSISI kalian sekarang??

    Dari: Mahasiswa FT UI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: