PENGGUSURAN DAN PENDERITAAN RAKYAT MISKIN

PENGGUSURAN DAN PENDERITAAN RAKYAT MISKIN

Jakarta yang katanya kota metropolitan dengan tingkat kependudukan yang padat sebenarnya tidak lepas dari berbagai permasalahan yang membelitnya. Jakarta yang dibangun sedemikian rupa sehingga mengesankan bahwa kota ini merupakan kota yang maju sering kali menipu mata orang-orang awam. Banyak orang tidak menyadari atau memahami keadaan kota Jakarta yang sebenarnya.

Secara sekilas memang ketika kita memasuki kota Jakarta, kita akan dipertontonkan sebuah sajian barisan gedung-gedung pencakar langit. Mata kita akan dimanjakan dengan berbagai macam bangunan-bangunan modern. Tetapi tunggu dulu…!! Di balik kemegahan dan keindahannya, Jakarta masih menyimpan banyak rahasia, kalau tidak dikatakan aib, mengenai penggusuran dan penindasan terhadap rakyat kecil.

Bisa dicatat di sini berbagai macam penggusuran yang telah dilakukan pemerintah, di antaranya adalah penggusuran terhadap pedagang kaki lima, rumah-rumah liar di pinggiran sungai dan di kolong jalan layang, sampai swipping becak. Banyak kasus-kasus penggusuran yang juga menelan korban, terhitung sejak tahun 2001 sampai dengan sekarang. Semua itu dilakukan dengan satu dalih, yaitu keindahan dan ketertiban kota. Dalam rangka mencapai tujuannya, pemerintah tidak segan-segan menindas rakyat kecil dengan cara menganiaya. Tujuan pemerintah yang sebenarnya baik, sangat disayangkan jika dilakukan dengan sikap yang tidak baik. Rakyat kecil yang seharusnya hak-haknya dilindungi oleh Pemerintah malah sebaliknya banyak rakyat kecil yang merasa dikebiri hak-haknya.

Bagaimana sikap pemerintah ini jika kita hadapkan dengan Undang-Undang Dasar 1945. Layakkah sikap represif dari pemerintah ini kita katakan bertentangan dengan Hak Asasi Manusia? Bagaimana konsepsi negara sejahtera memandang penggusuran ini? Apa kira-kira usaha-usaha advokasi yang dapat kita lakukan?

Bidang PPA

About hmibecak

Kami adalah sebuah organisasi kemahasiswaan eksternal kampus Fakultas Hukum yang bergerak di lingkup kampus UNS Surakarta. Kami selaku OKP yang bergerak di dalam kampus selalu berusaha untuk mengusung berbagai isu kampus FH UNS pada khususnya dan UNS itu sendiri pada umumnya. kami juga selalu berusaha untuk bekerjasama dengan element eksternal lainnya dengan tujuan selain untuk mendukung usaha kami juga untuk membina tali silaturahmi kami dengan rekan seperjuangan dan sejalan dengan tujuan kami. personel kami terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum UNS dari segala angkatan, baik yang sekarang duduk di kursi kepengurusan atau berstatuskan anggota.dan rencana kami dalam waktu dekat ini akan berusaha untuk meningkatkan kader HMI kami, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Amienn.. YAKIN USAHA SAMPAI

Posted on Agustus 14, 2007, in Artikel. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: