Sesat Sesaat

Sesat Sesaat

 

Oleh: Muhsin Labib

 

Apakah kita telah bebas dari predikat sesat? Allah berfirman, “Jangan lau kau menganggap dirimu bersih. Dia lebih mengetahui siapa di antara kalian yang sesat dari jalanNya dan siapa yang mengikuti petunjuk.”

Ada banyak macam kesesatan, seperti kesesatan teologis, kesesatan logis dan kesesatan psikologis. Pertama adalah kesesatan teologis adalah syirik, dan setiap penolakan terhadap prinsip-prinsip utama. Stigma aliran sesat lebih ditekan pada makna kesesatan teologis. Jenis pertama ini telah dibahas secara panjang lebar, meski sebagian besar tidak bebas dari bias subjektivitas dan fanatisme sektarian.

Kesesatan logis adalah kesalahan dalam menyusun pikiran-pikiran karena tidak memperhatikan aturan sistematia. Kesesatan logis yang biasa disebut falasi (falacy) bermacam dua; formal dan material. Penjelasan tentang jenis kedua ini sangat rumit .

Kesesatan psikologis (kesesatan moral) adalah yang biasa disebut dengan al-fisq. Para ahli irfan nazhari mendefinisikannya sebagai ‘penyimpangan dari jalan yang luar’ atau mungkin lebih pas diartikan ‘ketidakwajaran’. Setiap perbuatan dosa, menurut para ahli irfan nazhari, adalah abnormalitas, karena norma dan hukum yang mestinya diikuti adalah syariah dan akhlaq Islam. افمن كان مؤمنا كمن كان فاسقا لايستوون (apakah orang mukmin seperti orang fasiq, tentu tidaklah sama). Inilah kesesatan sesaat yang sewaktu-waktu bisa muncul dan bisa pula lenyap. Kita senantiasa mengalami kesesatan jenis ketiga ini.

Waspadailah Aliran-aliran Sesat ini!

Masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap aliran-aliran sesat dan menyesatkan sebagai berikut:

  1. Aliran dana dari penilep uang negara ke rekening pribadi para pejabat korup yang menerima suap.
  2. Aliran sungai ciliwung yang mampet karena sampah warga sehingga menyebabkan banjir.
  3. Aliran selokan di depan semua rumah karena banyaknya pasir dan tanah galian PLN dan PDAM yang mengendap sehingga memuntahkan air saat hujan turun.
  4. Aliran keringat yang mengucur dari ketiak yang tidak dinetralisir dengan bedak atau penghilang aroma tak sedap.
  5. Aliran liur tamu yang menggenangi bantal tuan rumah sehingga sarungnya harus disemprot dengan pestisida dan bantalnya dibakar.
  6. Aliran air seni yang keluar dari orang yang demen kencing berdiri di tembok rumah orang dan sarana umum sehingga menciptakan bau pesing dan merusak saluran pernapasan orang lain.
  7. Aliran sperma yang dikeluarkan dengan cara ilegal dan pada tempat yang tidak memenuhi ketentuan hukum agama
  8.  

Sumber: http://www.muhsinlabib.wordpress.com

About hmibecak

Kami adalah sebuah organisasi kemahasiswaan eksternal kampus Fakultas Hukum yang bergerak di lingkup kampus UNS Surakarta. Kami selaku OKP yang bergerak di dalam kampus selalu berusaha untuk mengusung berbagai isu kampus FH UNS pada khususnya dan UNS itu sendiri pada umumnya. kami juga selalu berusaha untuk bekerjasama dengan element eksternal lainnya dengan tujuan selain untuk mendukung usaha kami juga untuk membina tali silaturahmi kami dengan rekan seperjuangan dan sejalan dengan tujuan kami. personel kami terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum UNS dari segala angkatan, baik yang sekarang duduk di kursi kepengurusan atau berstatuskan anggota.dan rencana kami dalam waktu dekat ini akan berusaha untuk meningkatkan kader HMI kami, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Amienn.. YAKIN USAHA SAMPAI

Posted on Desember 7, 2007, in Buletin. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: