Dibukanya Sekolah Revolusi Kesadaran

Dibukanya Sekolah Revolusi Kesadaran

 

 

Bertempat di Wisma Becak pada tanggal 4 Desember 2007 Bidang PPA HMI Cabang Surakarta Komisariat Fakultas Hukum UNS untuk pertama kalinya mengadakan Sekolah Revolusi Kesadaran dengan materi Pengantar Logika. Seperti namanya yaitu sekolah, Bidang PPA telah menyiapkan kurikulum untuk satu pleno ke depan yang disetujui pada rapat kerja pleno II pada tanggal 20-23 November 2007.

 

Pada rapat kerja pleno II, rencana program kerja Sekolah Revolusi Kesadaran (SRK) ini mendapat sambutan positif dari kawan-kawan pengurus lainnya. Ini program kerja besar yang kedua dari bidang PPA setelah Basic Training selama masa periode kepengurusan ini. ”SRK ini suatu program kerja yang besar maka dari itu agar kami bisa fokus untuk menyukseskan program kerja ini, maka kami memutuskan untuk tidak mengadakan Basic Training karena menurut pengalaman pleno I konsentrasi kami terpecah antara basic training dan kajian.” Tutur Yasser, Ketua Bidang PPA.

 

Dalam dialektika rapat kerja pleno II kemarin muncul pertanyaan dari salah satu pengurus yang mempertanyakan nama program kerja tersebut, ”Mengapa namanya Sekolah Revolusi Kesadaran?” tanya salah satu pengurus.

 

”Rene Descartes pernah berkata bahwa Saya berpikir maka saya ada, Pikiran adalah bukti keberadaan manusia, Kemampuan berpikir adalah kesadaran, karena kemampuan kognitif manusia adanya di dalam kesadaran.” Jawab Yasser.

 

”Bidang PPA ingin mengadakan sekolah bagi para kadernya yang mana sekolah tersebut bertujuan merevolusi cara dan kemampuan berpikir para kadernya. Berpikirnya manusia itu menunjukkan eksistensi manusia, maka dari itu jangan sampai berpikirnya manusia itu adalah berpikir yang salah. Artinya ketika kita ingin menunjukkan eksistensi kita, caranya adalah dengan berpikir, tetapi jangan sampai cara berpikir kita adalah cara berpikir yang salah.” lanjutnya.

 

Ketika ditanyakan soal pemateri dalam sekolah revolusi kesadaran, Yasser menyebutkan sederetan nama-nama yang direncanakan akan mengisi materi sekolah revolusi kesadaran, antara lain: Andito (MPKPB HMI), Rahmad Winarto (MPKPC HMI Cab. Surakarta), Yasser Arafat (Ketua HMI Cab. Surakarta Komisariat Fakultas Hukum UNS, Taufiq Nur Rohman (Ketua IJABI Surakarta), Ust. Mustofa Jufri  (Pelita Hati Surakarta), Ust. Umar Ibrahim (Penasihat IJABI Surakarta), Bambang Trisoelo (Alumni HMI), Arif Giyanto (Penulis Buku BERTARUH CITRA DAKWAH:MEMBEDAH KRITIS FRIKSI MUHAMMADIYAH-PKS), Aulia Latif (Kelompok Studi Jejak Kita, Semarang), GMNI, dr. Hassan Douwwes, Gema Pembebasan, Eko Prasetyo (Penulis buku terbitan RESIST BOOK- Jogjakarta), Ust. Dian Nafie (Ponpes Windan, Surakarta), Ust. Sofwan (Rausyan Fikr-Jogjakarta),dll.

 

Kita doakan saja semoga apa yang diharapkan dari adanya sekolah revolusi kesadaran, setidaknya, dapat sedikit membantu kepengurusan ini dalam mencapai tujuan HMI dalam Pasal 4 AD HMI yaitu Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah Subhanahu Wata ’ala.[HMIBECAK]

About hmibecak

Kami adalah sebuah organisasi kemahasiswaan eksternal kampus Fakultas Hukum yang bergerak di lingkup kampus UNS Surakarta. Kami selaku OKP yang bergerak di dalam kampus selalu berusaha untuk mengusung berbagai isu kampus FH UNS pada khususnya dan UNS itu sendiri pada umumnya. kami juga selalu berusaha untuk bekerjasama dengan element eksternal lainnya dengan tujuan selain untuk mendukung usaha kami juga untuk membina tali silaturahmi kami dengan rekan seperjuangan dan sejalan dengan tujuan kami. personel kami terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum UNS dari segala angkatan, baik yang sekarang duduk di kursi kepengurusan atau berstatuskan anggota.dan rencana kami dalam waktu dekat ini akan berusaha untuk meningkatkan kader HMI kami, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Amienn.. YAKIN USAHA SAMPAI

Posted on Desember 11, 2007, in Reportase. Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. salam kenal…
    tulisannya dah banyak bgt, keren, salam buat semua temen2…
    semoga Training ma sekolah revolusi kasadarannya sukses n lancar…
    saya satria, dari HMI Cabang Bandung…
    maen yah ke blog saya adonanwarna.blogspot.com , training-kita.blogspot.com …
    di training-kita.blogspot.com ada lomba nulis keci-kecilan tapi menarik…
    di adonanwarna.blogspot.com ada tawaran bisnis buat kita-kita para aktifis HMI…
    Revolution is not Dream
    Yakin Usaha Sampai!!!

  2. Oh ya dekat-dekat ini juga Bandung mo ngadain Bedah NDP, kalo sempat main-main n silaturahmi ke Bandung ya….
    Kita galakkan TRK, sebagian orang ngga paham kenapa harus ada TRK atau yang temen-temen buat Sekolah Revolusi Kesadaran…
    Mereka ngga paham, bahwa ideologi itu bukan menara gading yang cuma bisa dipahami oleh sebagian elit pengurus, malah kondisinya di HMI yang tau mungkin cuma almarhum Cak Nur.
    NDP butuh metodologi untuk memahaminya. semoga kita bisa ketemu suatu saat.
    saya dukung penuh Usaha untuk transformasi ideologi via internet…
    Yakusa!!!

    —————————————

    salam kenal juga dari kami. Salam untuk kawan-kawan HMI Bandung. Kalau kawan-kawan Bandung punya beberapa artikel yang ingin di publish, insya Allah kami siap untuk mempublishnya di sini.

    Mohon informasi untuk Bedah NDP, kapan dan dimana? 0856 21 900 87

    Sebenarnya ingin sekali kami membuat TRK, tetapi nampaknya tidak baik kalau yang mengadakan tingkat komisariat. Semoga saja Cabang Solo terketuk hatinya untuk membuat TRK di Solo.

    Dengan keadaan yang serba seadanya, kami memberanikan diri untuk meringkas kurikulum TRK. Jadi kami ambil beberapa materi yang sekiranya dasar sekali. Kami mohon bantuannya.

  3. Saya usul buat temen-temen yang dah jago ngutak-ngutik blog…
    bagaimana kalau temen-temen buat blog juga yang segmennya anak-anak SMA.
    temen-temen aktivis yag lain turun langsung ke SMA. temen2 saya liat jago bikin Blog, sehingga kita bisa punya media buat transformasi ide ke temen-temen kita yang masih remaja…deeehh….remaja.
    Eh, serius nih🙂
    —————————————-

    Terima kasih atas usulannya. kapan2 kalau kami silaturahim ke bandung, kita akan membicarakannya.

  4. mantapppp…

    YAKUSA..!!

  5. Salam silaturahim….
    buat temen-temen HMI Komisariat Fak.Hukum UNS, saya saluuut buanget ‘n acungin ZEMPOL DACH!!!
    YAKUSA !!!
    moga gerak langkah HMI diridhoi Allah SWT. Amien,,,

  6. salam silaturahim juga.
    Met kenal mas adhie. ngomong-ngomong mas adhie kader hmi mana?

    Mohon doanya. Semoga kita senantiasa istiqomah dalam jalan perjuangan ini.

    Setiap hari ada hari perjuangan. Setiap bumi adalah bumi perjuangan.

    PANTANG HINA…!!!!

  7. satria, kamu yang pernah dipukulin dan ditangkep polisi pas nurunin bendera yah? aku kira itu nidji

  8. Barter link yuk! Jika se7 konfirmasi via hmibangko@ymail.com or HP 0856 64 393 893. Salam kesejahteraan selalu. YAKUSA!

  9. .assalamu’alaykum.
    .salam kenal dari HMI komisariat f.teknik unmul samarinda.
    http://www.rhomiezf.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: