Dicari Jalan Penyelesaian Pelanggaran HAM Masa Lalu

Dicari Jalan Penyelesaian Pelanggaran HAM Masa Lalu

 

7917441414695ecd6c9663.jpg

Jakarta, Kompas – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat akan mengadakan pertemuan dengan Komnas HAM dan Kejaksaan Agung guna membahas penyelesaian sejumlah kasus pelanggaran HAM di masa lalu. Penyelidikan kasus-kasus itu sudah dilakukan Komnas HAM.

”Pertemuan diusahakan secepatnya agar ada jalan bagi penyelesaian kasus-kasus masa lalu. Setelah putusan Mahkamah Konstitusi pada 21 Februari, cara penyelesaian sebenarnya sudah jelas, yaitu dari Komnas HAM, Kejaksaan Agung, dan baru DPR,” kata anggota Komisi III DPR Gayus Lumbuun, Selasa (11/3).

Saat ini ada tiga kasus yang penyelidikannya sudah diselesaikan Komnas HAM. Kasus itu adalah Kerusuhan Mei 1998, Tragedi Trisakti dan Semanggi I/II, serta penculikan aktivis prodemokrasi pada 1997/1998.

Namun, penyidikan ketiga kasus itu masih terkatung-katung karena Kejaksaan Agung menilai penyidikan baru dapat dilakukan setelah ada Pengadilan HAM Ad Hoc. Sedangkan DPR berpendapat, penyelidikan dapat dilakukan tanpa menunggu adanya Pengadilan HAM Ad Hoc.

Anggota Komnas HAM, Kabul Supriyadhie, mengaku pernah menemui kejaksaan terkait dengan penyelesaian sejumlah kasus di atas. Namun, dia tak menjelaskan hasil pertemuan itu.

Menurut Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Usman Hamid, Komnas HAM sebaiknya memang lebih berkonsentrasi pada penuntasan kasus- kasus yang sudah mereka selidiki. ”Jangan sampai banyak penyelidikan, tetapi tidak ada yang dituntaskan sampai penyidikan atau pengadilan,” katanya.

Jika Komnas HAM tetap bermaksud mengadakan penyelidikan, ujar Usman, hal itu sebaiknya berdasarkan pada jangka waktu, bukan peristiwa. Karena itu, sebuah peristiwa dapat diselidiki sekaligus karena terjadi pada waktu yang hampir bersamaan.

Menurut Usman, kebijakan itu akan mempermudah Komnas HAM dan masyarakat

http://www.kompas.com/kompascetak/read.php?cnt=.xml.2008.03.12.00095154&channel=2&mn=159&idx=159

 

About hmibecak

Kami adalah sebuah organisasi kemahasiswaan eksternal kampus Fakultas Hukum yang bergerak di lingkup kampus UNS Surakarta. Kami selaku OKP yang bergerak di dalam kampus selalu berusaha untuk mengusung berbagai isu kampus FH UNS pada khususnya dan UNS itu sendiri pada umumnya. kami juga selalu berusaha untuk bekerjasama dengan element eksternal lainnya dengan tujuan selain untuk mendukung usaha kami juga untuk membina tali silaturahmi kami dengan rekan seperjuangan dan sejalan dengan tujuan kami. personel kami terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum UNS dari segala angkatan, baik yang sekarang duduk di kursi kepengurusan atau berstatuskan anggota.dan rencana kami dalam waktu dekat ini akan berusaha untuk meningkatkan kader HMI kami, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Amienn.. YAKIN USAHA SAMPAI

Posted on Maret 12, 2008, in Reportase. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. yangselama ini dilakukan cuma perpanjangan wakty untuk proses tersebut, tidak ada lagi yang beritikad baik untuk menuntaskannya setelah lopa menjadi korban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: