Wakil Walikota Surakarta Gabung Aksi Tolak BBM Naik

Solo – Massa aksi gabungan sejumlah elemen menggelar aksi menolak kenaikan harga BBM. Mereka mendatangi kompleks Balaikota Solo dan berhasil mengajak Wakil Walikota Surakarta, Hadi Rudyatmo bergabung dalam aksi. Rudy mengaku siap menerima konsekuensi apapun atas keputusannya itu.

Ratusan massa aksi itu bergerak dari Kampus II UNS di Jalan Urip Sumoharjo, Solo, Rabu (14/5/2008). Mereka berjalan kaki menuju bundaran Gladag dan berakhir di Balaikota. Mereka dengan leluasa memasuki kompleks balaikota yang pintu gerbangnya dibuka lebar.

Massa aksi berasal dari berbagai elemen diantaranya GMNI, HMI Cabang Sukoharjo, KAMMI, HMI Cab. Surakarta Komisariat Fakultas Hukum UNS, IMM, BEM UMS, BEM ISI Surakarta, BEM Univet Sukoharjo, BEM UNS, sejumlah aktivis LSM dan massa perorangan.

Sesampai di balaikota mereka menggelar orasi bergantian mengecam rencana Pemerintah menaikkan harga BBM. Massa mencari Walikota Surakarta Joko Widodo, namun yang dicari sedang berada di tempat.

Mereka akhirnya menemui Wakil Walikota Surakarta Hadi Rudyatmo yang sedang berada di balaikota dan juga berhasil meyakinkan untuk ikut bergabung. Rudy juga didaulat untuk ikut berorasi di atas mobil komando aksi.

Dalam orasinya, Rudy dengan tegas mengatakan berdiri bersama sebagian besar masyarakat Solo yang menolak rencana kenaikan harga BBM. Rudy juga mengatakan siap menerima konsekuensi apapun atas sikap dan keputusannya itu.

Rudy juga meminta meminta kepada Pemerintah untuk mengkaji ulang rencana menaikan harga BBM itu karena dianggapnya bukan solusi terbaik yang harus ditempuh. “Pangkas saja anggaran yang tidak efisien demi penghematan atau pangkas tunjangan-tunjangan untuk pejabat negara. Itu solusi yang lebih baik daripada menaikkan harga BBM,” ujarnya.

Setelah turun dari mobil komando, Rudy ditodong massa untuk memberikan pernyataan sikap tertulis. Namun dia mengatakan akan memberikan tanda tangan penolakan itu pada tanggal 21 Mei mendatang bersamaan dengan aksi yang direncanakan akan digelar oleh massa gabungan tersebut. ( mbr / djo )

Detik

About hmibecak

Kami adalah sebuah organisasi kemahasiswaan eksternal kampus Fakultas Hukum yang bergerak di lingkup kampus UNS Surakarta. Kami selaku OKP yang bergerak di dalam kampus selalu berusaha untuk mengusung berbagai isu kampus FH UNS pada khususnya dan UNS itu sendiri pada umumnya. kami juga selalu berusaha untuk bekerjasama dengan element eksternal lainnya dengan tujuan selain untuk mendukung usaha kami juga untuk membina tali silaturahmi kami dengan rekan seperjuangan dan sejalan dengan tujuan kami. personel kami terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum UNS dari segala angkatan, baik yang sekarang duduk di kursi kepengurusan atau berstatuskan anggota.dan rencana kami dalam waktu dekat ini akan berusaha untuk meningkatkan kader HMI kami, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Amienn.. YAKIN USAHA SAMPAI

Posted on Mei 15, 2008, in Reportase and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: