HMI Dipo dan HMI MPO Tidak Islah?

Banyak media massa meliput pemberitaan kongres HMI di Palembang. Banyak pula yang mengangkat isu islah yang terjadi pada saat kongres. Ketua Umum HMI Dipo dan ketua umum HMI MPO oleh media dikabarkan telah membaca draft islah yang berisi tiga point. Hal ini dibaca oleh media sebagai langkah penyatuan dua organisasi yang dulu sempat terpecah menjadi dua ketika Soeharto menginstruksikan asas tunggal Pancasila. HMI becak pun menurunkan pemberitaan ini.

Menanggapi isu ini, ketua HMI MPO pun angkat bicara. Diwawancarai secara eksklusif oleh HMINEWS, Syahrul E Dasopang mengatakan, “Tidak ada itu islah dalam perspektif penggabungan antara dua organisasi. Dan, itu tidak dibicarakan sama sekali antara kita. Saya ingin menginformasikan, ini yang sesungguhnya terjadi. Ada pernyataan komitmen moral dan bukan islah.”

Ditanyakan mengenai alasannya menghadiri kongres HMI Dipo di Palembang, Syahrul menjawab, “Saya secara sadar memenuhi undangan itu, disamping kita harus menghormati undangan itu sendiri. Saya tahu yang hadir banyak pihak, termasuk juga dari pejabat-pejabat pemerintah. Saya hanya ingin mempelopori promosi kerendah hatian sebagai seorang muslim untuk bersama-sama menjunjung ketentuan Allah yang mengutamakan solidaritas dan persatuan. Bahwa kita harus senantiasa berpegang teguh pada tali Allah dan mengutamakan solidaritas dan persatuan umat.”

Syahrul juga menyampaikan bahwa ada satu hal yang menjadi syarat bagi dirinya untuk bisa datang pada kongres HMI Dipo di Palembang yaitu ditandatanganinya draft islah oleh pihak HMI Dipo. “Saya minta pada mereka untuk menyetujui draft pernyataan bersama yang 90 persen saya yang buat. Kalau mereka tidak mau, ya saya tidak datang. Mereka menyetujuinya, dan saya datang ke sana.” Tuturnya

Menanggapi Fajar R Zulkarnain yang mengatakan Kongres Palembang terbuka untuk dilakukannya kongres bersama, Syahrul menuturkan bahwa itu hanya imajinasi Fajar saja.

Sampai hari ini Fajar R Zulkarnain belum dapat dimintakan keterangan terkait klarifikasi dari Syahrul.

About hmibecak

Kami adalah sebuah organisasi kemahasiswaan eksternal kampus Fakultas Hukum yang bergerak di lingkup kampus UNS Surakarta. Kami selaku OKP yang bergerak di dalam kampus selalu berusaha untuk mengusung berbagai isu kampus FH UNS pada khususnya dan UNS itu sendiri pada umumnya. kami juga selalu berusaha untuk bekerjasama dengan element eksternal lainnya dengan tujuan selain untuk mendukung usaha kami juga untuk membina tali silaturahmi kami dengan rekan seperjuangan dan sejalan dengan tujuan kami. personel kami terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum UNS dari segala angkatan, baik yang sekarang duduk di kursi kepengurusan atau berstatuskan anggota.dan rencana kami dalam waktu dekat ini akan berusaha untuk meningkatkan kader HMI kami, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Amienn.. YAKIN USAHA SAMPAI

Posted on Juli 30, 2008, in Reportase. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Kongres akan berakhir,
    Formatur PB sudah ada.
    Info ada di http://hmikomtpub.or.id/index.php?pilih=lihat&id=214.

  2. good…good…..goood. baguslah…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: