Memahami Arti Anarkisme

Oleh: Aldian Andrew W

Apa yang kalian ketahui dari kata anarkisme?apa pikiran kalian sama dengan saya ketika waktu kecil dulu?yaitu tindakan membuat kekacauan kerusakan dan keonaran serta hal-hal negatif lainnya? Kalo iya maka ini saatnya mengartikan ulang anarkisme itu karena saya baru mengetahui belum lama ini kalo ternyata anarkisme tidak seseram yang dibayangkan.

Hal-hal negatif yang ditulis di atas ternyata hanya salah kaprah penggunaan bahasa di masyarakat hampir di seluruh dunia. Kata anarki merupakan kata serapan dari bahasa Inggris anarchy atau anarchie (Belanda/Jerman/Prancis), yang berakar dari kata Yunani anarchos/anarchein? tirani). Anarchos/anarchein = tanpa pemerintahan atau pengelolaan dan koordinasi tanpa hubungan memerintah dan diperintah, menguasai dan dikuasai, mengepalai dan dikepalai, mengendalikan dan dikendalikan, dan lain sebagainya. Sedangkan Anarkis berarti orang yang mempercayai dan menganut anarki. Sedangkan isme sendiri berarti paham/ajaran/ideologi.

Jadi Anarkisme adalah paham atau pendirian yang percaya bahwa manusia sebagai anggota masyarakat akan membawa pada manfaat terbaik bagi semua jika tidak diperintah maupun adanya otoritas, utopis memang tapi paham ini merupakan keyakinan bahwa manusia adalah makhluk yang bisa hidup berdampingan dengan manusia lain tanpa adanya pemilik otoritas atau penguasa. anarkisme menganjurkan kolektifitas atas kebebasan individu, ketiadaan suatu negara dan semua bentuk penindasan, dan juga teori-teori sosialis yang mana juga menganjurkan penghapusan paham kapitalisme dan kepemilikan pribadi demi tujuan kapitalistik, anarkisme memfokuskan pada kolektifitas kerjasama dan bantuan kebersamaan.

Dari pandangan ini kaum anarkis menganggap semua bentuk otoritas dan symbol otoritas harus dilawan. Kebanyakan kaum anarkis melegalkan kekerasan dalam melawan otoritas. Mungkin inilah yang menyebabkan kata anarkis diidentikkan dengan perbuatan melawan hukum, walaupun sebenarnya kekerasan bias dilakukan oleh siapa saja bukan hanya milik kaum anarkis. Anarkisme meliputi pandangan yang sangat luas dari anarkisme kiri sampai ekstrim kiri yang berwatak sosialis sampai anarkisme kanan dan ekstrim kanan yang berwatak individualis. Perbedaan ini berdasarkan dari latar belakang tokoh,peristiwa yang terjadi dan juga tempat dimana aliran itu berkembang.

About hmibecak

Kami adalah sebuah organisasi kemahasiswaan eksternal kampus Fakultas Hukum yang bergerak di lingkup kampus UNS Surakarta. Kami selaku OKP yang bergerak di dalam kampus selalu berusaha untuk mengusung berbagai isu kampus FH UNS pada khususnya dan UNS itu sendiri pada umumnya. kami juga selalu berusaha untuk bekerjasama dengan element eksternal lainnya dengan tujuan selain untuk mendukung usaha kami juga untuk membina tali silaturahmi kami dengan rekan seperjuangan dan sejalan dengan tujuan kami. personel kami terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum UNS dari segala angkatan, baik yang sekarang duduk di kursi kepengurusan atau berstatuskan anggota.dan rencana kami dalam waktu dekat ini akan berusaha untuk meningkatkan kader HMI kami, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Amienn.. YAKIN USAHA SAMPAI

Posted on Agustus 11, 2008, in Artikel. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Aldi, pertanyaan pentingnya, “Akankah kamu tertarik pada gerakan ini?” Setelah apa yang kamu pelajari tentang anarkisme, akankah kamu merumuskan sesuatu, dan kamu praktikkan suatu saat… atau bahkan sekarang.

    Mbuh, lah. Pokoke aku manut wae. Hehe….

  2. saya senang…kader-kader HMI mulai mempelajari hal-hal yang aneh-aneh.
    coba bayangkan, apakah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW tidak termasuk dalam kategori anarkhisme.
    dia menolak segala bentuk tatanan dunia saat itu yang tidak manusiawi. perbudakan dihapuskan… dan sebagainya.

  3. @ mas arif : apakah aku bakal tertarik?emmm.. semangat gerakan lokal yg ditawarkan anarkisme adalah tawaran menarik di era kapitalisme lanjut seperti sekarang

    @ pak rohadi: boleh kenal dulu pak??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: