Harga BBM Diturunkan 3X Dalam Iklan Partai Demokrat

Nasionalis - Religius

Nasionalis – ReligiusHarga BBM diturunkan 3 kali selama masa pemerintahan SBY, sehingga SBY menjanjikan kesejahteraan bagi Indonesia.

Itulah gambaran pesan inti dari iklan politik yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Partai Demokrat melalui beberapa media massa. Partai Demokrat ingin menunjukkan kepada rakyat Indonesia bahwa melalui tangan SBY, harga BBM bisa diturunkan menjadi Rp 4.500,00.

Seorang kawan menuturkan ketertarikannya pada iklan politik ini. Menurutnya, iklan ini begitu menggoda bagi orang-orang awam. Sekilas saja orang awam melihat iklan tersebut, bisa jadi tumbuh rasa ketertarikan pada partai demokrat.

Terlepas dari pendapatnya yang sebetulnya bersifat asumtif, ada satu hal yang patut aku tanggapi dari iklan tersebut. Adanya kesesatan berpikir atau bahkan mungkin kesengajaan memelintir data dan fakta yang dilakukan oleh Partai Demokrat untuk menciptakan gambaran baik pada masyarakat kalangan bawah, atas figur SBY.

Menurut iklan politik tersebut, bahwa berkat kinerja SBY yang baik, harga BBM menjadi turun. Yang jadi pertanyaan ialah mengapa tidak disebutkan juga data dan fakta bahwa pada pemerintah SBY sekarang ini harga BBM sempat melambung tinggi? Mengapa yang ditampilkan hanya penurunan harga BBM? Justru keputusan kenaikan harga BBM ini pun dikeluarkan oleh pemerintahan SBY.

Kalau kita mau jujur pada kebenaran, bukankah naik turunnya harga BBM di Indonesia ini terkait dengan harga minyak dunia? Bukankah itu yang selalu disenandungkan oleh pemerintahan SBY? Mereka menganggap bahwa keputusan dinaikkannya harga BBM di Indonesia karena faktor kenaikan harga minyak dunia. Ketika akhirnya pemerintahan SBY ini mengeluarkan keputusan penurunan harga BBM pun masih tetap melandaskan keputusannya pada harga minyak dunia.

Artinya bahwa, penyebab atau yang memiliki andil besar dalam penurunan harga BBM di Indonesia yang berjalan bertahap sampai 3 kali ini adalah harga minyak dunia yang juga turun.

Aku pikir, iklan ini akan menjadi sangat baik ketika kenyataan yang ada bukan seperti yang telah terjadi. Figur SBY akan melejit tinggi ketika ia berani memutuskan tidak menaikkan harga BBM ditengah naiknya harga minyak dunia.

WARNING:

Bukan berarti saya tidak menyukai partai Demokrat. Tetapi inilah keresahan yang muncul ketika aku melihat tayangan iklan politik dari partai ini di televisi.

About ressay

Pada dahulu kala, ada seorang ibu yang hendak melahirkan anak pertamanya. ibu itu dengan susah payah, dengan tenaga yang ia miliki berjuang untuk mengeluarkan anaknya dari rahim. dan pada hari senin tgl 21 Juli 1987 lahirlah sesosok bayi yang imut, cakep, putih, lucu ke dunia ini. ketika bayi itu lahir, gemparlah seluruh dunia. daun-daun bersemi kembali. sungai yang tadinya kering menjadi di aliri air dengan derasnya. langit menurunkan airmatanya. bumi tidak mau kalah mengeluarkan tumbuhan yang berbunga indah. itulah tanda-tanda kelahiran sesosok bayi penerus bangsa ini.hehehehe....Amieeen..!! Ketika berumur 4 tahun bayi itu di masukkan ke TK Al-Irsyad. di situ ia di gembleng dengan kerasnya oleh guru2. dan ia menjadi salah seorang anak yang terpintar di TK tersebut. 2 tahun telah di lewati ia meneruskan pendidikannya di SD Al-Irsyad. 6 tahun kemudian ia lulus dari SD tersebut dan melanjutkan pendidikannya di SMP 3 Tegal. Namun, entah mengapa, orang tuanya membuang ke bandung. ia di masukkan ke sebuah SMA Favorite seluruh Indonesia. sekolah itu bernama SMU (Plus) MUTHAHHARI BANDUNG. Sekarang, anak itu sedang berjuang di fak. Hukum UNS SOLO Hobi anak itu adalah main musik. ia bercita-cita untuk menguasai bangsa ini, dan memimpinnya dengan sebaik-baiknya.

Posted on Januari 24, 2009, in Artikel. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. salam..

    wah memang sekarang lagi santer pegiklanan dari parpol-parpol untuk menarik hati masyarakat. menurut saya tidak salah ketika partai Demokrat mengiklankan turunnya harga BBM .. ya karena begitulah bahasa iklan , sebisa mungkin kita tonjolkan kebaikan sekecil2nya untuk dijadikan sebuah hal yang besar. dengan tujuan untuk menarik simpati dari masyarakat.
    sebenarnya iklan tersebut merupakan sebuah kebetulan yang menguntungkan bagi pemerintahan SBY. ketika waktu pemilihan akan berlangsung, harga minyak dunia turun hingga level US$ 40-45 per barel. sehingga pemerintah sangat berani untuk mengambil kebijakan menurunkan harga BBM hingga 4500 rupiah.
    saya rasa partai demokrat pandai dalam mengambil moment tersebut, dan menjadikan itu sebuah alat untuk menarik simpati dari masyarakat dalam rangka pilpres yang akan datang.
    masyarakat sekarang harus lebih jeli dan teliti dalam menentukan pilihan saat pemilu nanti. karena iklan pun sering kali mengelabuhi kita dan menjebak kita dalam pilihan yang salah..

    salam

  2. Tetapi kalau kita memandangnya dari sudut pandang empirik (saja), iklan tersebut sudah tidak jujur dalam menampilkan data.

  3. salam.

    wah namanya juga bahasa iklan buat cari simpati,.
    kalo dibilang engga jujur yaa g juga menurutku ..
    karena emang bener BBM diturunkan 3x waktu SBY menjabat, hhehe..

    yaa kalo mau dibuat dengan data lengkap, di bikin artikel aja ato makalah .. namun kalo iklan yaa seperti itu ..

    salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: