SUGENG RAWUH MAHASISWA BARU 2009 FAKULTAS HUKUM UNS

Assalamualaikum wr wb…

Sugeng rawuh alias Welcome temen – temen mahasiswa baru 2009 dari seluruh Indonesia. Selamat atas diterimanya temen- temen di kampus hijau UNS khususnya mahasiswa Fakultas Hukum.

Masa kuliah adalah masa istimewa karena merupakan awal untuk menuju kehidupan selanjutnya. Setelah 12 tahun menjadi siswa, menjadi mahasiswa tentu berbeda dengan imbuhan kata Maha di depannya. Kata Maha menunjukkan tingkatan yang paling tinggi  dalam menempuh pendidikan formal.

Kalo kita lihat sejarah bangsa ini, mahasiswa adalah agen perubahan yang mempunyai  arti dan peranan penting di masyarakat. Tentu mahasiswa yang jadi pelopor perubahan tersebut bukanlah mahasiswa yang sekedar kuliah terus pulang seperti saat jadi siswa dulu, tapi mereka yang aktif untuk menciptakan sebuah perubahan-perubahan bagi bangsa ini, dan salah satunya itu bisa dilakukan dengan berorganisasi di kampusnya. Yang namanya organisasi kalo dulu di SMA temen-temen pasti kenal dengan OSIS, MPK, Teater, Pecinta Alam, ROKHIS, dll. nah kalo di kampus temen- temen bakal ketemu berbagai macam organisasi, baik itu organisasi hobi, dakwah, minat bakat sampai organisasi mahasiswa yang memiliki ideologi ( apa siy ideologi itu? makanya baca terus ^^). Salah satunya disini adalah…

Himpunan Mahasiswa Islam..

Himpunan Mahasiswa Islam yang disingkat HMI merupakan salah satu organisasi mahasiswa islam terbesar dan tertua di Indonesia, berdiri di Sekolah Tinggi Islam (sekarang Universitas Islam Indonesia) Jogja pada tanggal 5 Februari 1947 oleh Lafran Pane dan temen temennya sesama mahasiswa. Berdirinya HMI dilatarbelakangi keadaan Negara yang walaupun sudah merdeka namun masih mendapat gangguan dari penjajah dan juga keadaan  umat Islam yang kebanyakan masih tertindas oleh kemiskinan dan kebodohan. Tujuan HMI pada saat itu ada dua yaitu mepertahankan kemerdekaan Indonesia dan meluaskan dakwah islam. Karena HMI isinya juga mahasiswa seperti kita sekarang ini maka dengan bekal dan kemampuan yang didapat dari kampusnya masing- masing kemudian berproses di HMI tujuan awal pendirian HMI bisa dikatakan berhasil.

Seiring berjalannya waktu dan perubahan yang terjadi di Negara kita, HMI pun menyesuaikan diri dengan dinamika yang terjadi. Tokoh-tokoh yang pernah ikut HMI telah menyumbangkan banyak pikiran, tenaga dan waktunya untuk mengisi periode kemerdekaan. Sebut saja Nurcholis Madjid yang dikenal sebagai bapak pluralisme Islam, Amien Rais sebagai bapak Reformasi sampai almarhum Munir yang dikenal sebagai  tokoh pejuang HAM dan banyak lagi yang berkiprah baik sebagai praktisi, dosen, aktivis partai dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

“ HMI adalah Harapan Masyarakat Indonesia..” ( itulah kata Jendral Soedirman )

Jika dulu  HMI yang hanya berdiri di satu kampus maka sekarang HMI memiliki cabang hampir di seluruh universitas di Indonesia, sampai ada pepatah yang bilang “di mana ada kampus di situ ada HMI”. Universitas Negeri Sebelas Maret tempat kita belajar saat ini adalah salah satunya. Di tiap fakultas HMI mempunyai struktur komisariat masing-masing. Di Fakultas Hukum UNS HMI terkenal dengan nama “ HMI Becak” .

ADA APA DI HMI BECAK ?

  1. Dapet temen-temen baru yang islami, gaul dan cerdas dari seluruh Indonesia
  2. Berkenalan lebih dekat dengan dosen Fakultas Hukum (banyak alumni HMI juga lohh di Fakultas Hukum…)
  3. Berkenalan dengan alumni HMI yang udah sukses baik itu diinstansi pemerintah, swasta, tokoh partai, wirausaha, aktifis LSM dan masih banyak lagi ( so.. jaringan kerja setelah lulus itu pasti…)
  4. Buku-buku kuliah, artikel, majalah, bahkan kumpulan tugas serta soal-soal yang update ada disini
  5. Kalian dapat belajar berorganisasi yang benar
  6. Obrolan yang menarik tiap hari dengan tema yang masa kini seperti keagamaan, politik, filsafat, sampai cinta…
  7. Sekretariat yang asyik buat nongkrong dan belajar
  8. Kegiatan lain yang tidak kalah membosankan kayak futsalan, touring wisata, makan-makan, dan nonton bareng…
  9. Banyak lagi yang yang dapat temen-temen dapatkan dari HMI yang tidak akan didapatkan di organisasi lainnya..
  10. 10.  Kesepuluh dating aja ke kantor secretariat kita…nanti kalian bakalan tahu apa yang menarik di HMI..

AKTIFITAS KITA

Kelompok Belajar Hukum

Law English Day Club

Advokasi dan Pendampingan Hukum

Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum

Training Teknik Persidangan

Ngajar TPA

Becak Library (Buku kuliah, skripsi, buku hukum, advokasi, UU terbaru, dll…)

Achievement Motivation Training

Diskusi-diskusi (Keislaman, Keilmuan, wacana hukum, dll…)

Posted on Agustus 23, 2009, in Artikel. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

  2. berhimpun, berdiskusi,bergerak…!!!!

  3. yakuaaaaaaaaaaaaa………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: